Sejarah Model Rambut Bob Pendek

Tak ada yang menyangka sebelumnya, bila ternyata model rambut bob pendek sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Setidaknya model rambut pendek sudah pernah populer di era 1920-an.

Model Rambut Bob Pendek
Unsplash/Hàn Vi Phạm Thị

Artinya tahun ini sudah berusia 102 tahun. Dan selama itu pula model rambut bob pendek terus mengalami perkembangan. Dari yang biasa saja hingga dikombinasikan dengan berbagai model / style lain yang membuatnya makin kaya.

Bahkan salah satu media Fashionista pernah mengatakan bahwa model ini adalah salah satu tren potongan rambut yang tak lekang oleh waktu. Menjadi menarik pula ternyata model ini disukai semua kalangan.

Dari para pesehor, pejabat, sosialita, aktris hingga orang biasa memilihnya sebagai tatanan rambut terbaik. Tak hanya di dalam negeri saja tapi banyak pula yang berasal dari luar negeri.

Model Rambut Bob Pendek

Model rambut ini miliki ciri khas potongan hingga sebahu atau garis leher. Banyak dipilih karena bukan hanya memberi kesan cantik, unik, fashionable dan dinamis semata, lebih dari itu model ini dikenal mudah diatur dan tidak bikin gerah.

Sangat cocok menjadi pilihan terbaik bagi semua wanita. Terutama saat musim panas dan tidak ingin ribet hanya sekadar urusan rambut semata.

Meski terlihat sederhana model ini ternyata bisa disesuaikan sesuai dengan keinginan masing-masing perempuan. Terutama mereka yang tahu tentang bagaimana tampil cantik secara menyeluruh.

Model ini juga mampu mendobrak standar cantik bagi kaum hawa. Di mana biasanya cantik itu identik dengan rambut panjang tapi tidak dengan model bob.

Sejarah Model Rambut Bob

Dikutip dari beberapa sumber, model rambut bob ini berasal dari gaya barat. Mulai diperkenalkan pada masyarakat luas pada tahun 1920-an.

Pada masa tersebut ada jutaan wanita dari segala usia dan kelas sosial mendambakannya. Tak perlu waktu lama kala itu pun muncul kontroversi mengingat ada stigma perempuan cantik itu berambut panjang.

Bahkan bagi kaum konservatif, mereka yang memilih rambut bob dapat disebut sosok yang mencoba untuk “bertindak seperti pria.” Dapat pula dikatakan melawan peran gender tradisional dan standar kecantikan yang ada.

Selain itu rambut pendek juga dikaitkan dengan mereka yang minum alkohol, dandan menor dan memakai baju terbuka. Ada juga sebagian yang berpendapat bila potongan rambut bob dianggap sebagai pertanda dari sifat pemberontakan perempuan dan berkaitan dengan gerakan feminisme.

Kala itu New York Times menelusuri asal-usul tren potongan rambut ini hingga ke tahun 1903. Pada masa tersebut ditemukan ada dua mahasiswi dari kampus Bryn Mawr hadir dengan rambut pendek yang kini dikenal bob bermain bola basket.

Tidak hanya di Amerika, pada tahun 1908 dan 1912 model rambut ini juga populer di Greenwich Village. Konon model ini dipengaruhi gaya “perempuan intelektual” Rusia.

Pada dasarnya potongan rambut bob miliki ciri khas sederhana. Selama itu pula tetap menjadi salah satu pilihan terbaik para wanita dari seluruh dunia.

Berkembang Sangat Cepat dan Dinamis

Ada fakta yang sangat menarik berkaitan dengan model rambut bob pendek. Saat ini ada banyak pilihan dan bisa disesuaikan dengan masing-masing individu. Bisa disesuaikan dengan bentuk wajah dan rambut.

Mereka yang tidak pernah miliki rambut pendek tentu butuh keberanian untuk bisa tampil beda. Namun sekali mencoba dan merasakan pengalaman yang ada pasti akan ketagihan bila ternyata model ini pun anti mati gaya.

Jadi apapun bentuk wajah dan rambut yang ada jangan pernah khawatir. Model rambut bob pendek bisa mempercantik tampilan bagi seluruh wanita. Jangan takut pula untuk mencoba model lain karena bisa jadi akan mendapat hasil yang jauh lebih baik.

Posting Komentar untuk "Sejarah Model Rambut Bob Pendek"