Mengenal Apa Itu Merchant, Cara Kerja, Hingga Keunggulan Transaksi Lewat Merchant

Merchant tentunya jadi istilah yang sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan, apalagi di zaman sekarang ini, dimana memang banyak orang yang memilih untuk melakukan transaksi belanja lewat merchant. Lalu sebenarnya apa itu merchant? Mungkin banyak juga yang belum tahun. 

apa itu merchant
bca.co.id

Merchant sendiri merupakan toko atau gerai, berhubungan dengan perdagangan dan dalam bisnis tersebut menjalin kerjasama dengan layanan perbankan, sehingga merchant ini menawarkan lebih banyak metode pembayaran.

Keberadaan dari merchant bukan lagi hal yang baru, melainkan sudah ada sejak lama namun baru benar-benar populer beberapa waktu terakhir ini, merchant ini berhubungan dengan perdagangan, namun dengan sistem yang berbeda dibandingkan dengan transaksi keuangan secara tunai. 

Jika Anda belanja dengan menggunakan sistem pembayaran tunai, maka tinggal masukkan atau bayarkan uang sesuai dengan jumlah yang diberikan. Dalam hal ini juga penting untuk diketahui bahwa transaksi yang dilakukan lewat merchant sendiri sistemnya lebih panjang.

Hal ini karena uang yang masuk akan ditampung dalam rekening bisnis. Dari sini baru nantinya dapat dilakukan pencairan dana.

Meskipun relatif lebih panjang, namun lebih banyak orang yang lebih suka menggunakan merchant untuk menunjang bisnis mereka, karena banyak keuntungan yang bisa didapatkan, diantara keuntungan yang bisa didapatkan dengan transaksi melalui merchant ini adalah:

1. Menerima transaksi lewat kartu kredit

Merchant tidak hanya dapat digunakan untuk pembayaran menggunakan kartu debit saja. Melainkan ketika Anda ingin membayar atau melakukan transaksi dengan memakai kartu kredit juga bisa. 

Apalagi di Indonesia sekarang ini rata-rata masyarakat juga mengandalkan transaksi berbasis cashless yaitu melalui produk kartu kredit. Sehingga dapat dijadikan sebagai pertimbangan terbaik untuk Anda demi kemudahan transaksi konsumen. Jadi bisa menjangkau lebih banyak segmen konsumen, dibandingkan dengan transaksi tunai biasa.

2. Dapat meningkatkan penjualan produk 

Selanjutnya dengan kehadiran dari merchant sebenarnya juga bantu dongkrak penjualan produk. Banyak orang yang pilah-pilih tempat belanja dengan alasan mencari yang sistem pembayarannya mudah, seperti adanya fasilitas pembayaran secara debit atau menggunakan kartu kredit. 

Di mana hal ini tidak bisa Anda dapatkan untuk pembayaran berbasis tunai seperti yang ada di gerai-gerai kecil terdekat. Otomatis dengan tergabung menjadi merchant maka potensi penjualan produk bisa lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya.

3. Manajemen uang menjadi lebih mudah 

Transaksi yang dilakukan secara tunai lebih panjang proses pencatatan atau manajemen dananya. Hal ini karena harus dilakukan input secara tradisional dan ini membutuhkan waktu yang lebih lama tentunya. 

Namun agak berbeda dibandingkan dengan Anda yang memilih melakukan transaksi secara online. Diantaranya adalah menggunakan EDC maupun memakai kode QR atau QRIS.

Semua transaksi yang terjadi lewat layanan ini pencatatannya akan langsung masuk dengan jelas dan mendetail. Hal ini secara otomatis akan lebih mudah untuk dikelola, pemilik usaha juga dapat melakukan pemantauan secara mudah.

4. Dapat menghindari risiko masuknya uang palsu

Penyebaran uang palsu nyatanya masih sering terjadi di Indonesia. Korbannya mayoritas adalah pelaku usaha, dimana akan mengalami kerugian karena uang tidak layak digunakan.

Sementara itu bagian kasir sendiri bisa sampai terkena sanksi jika seandainya uang yang masuk tersebut adalah palsu. Namun transaksi secara cashless dimana uang yang masuk langsung dalam bentuk digital akan bantu untuk cegah penyebaran uang palsu, sehingga lebih aman.

5. Merchant memberikan kenyamanan bagi pelanggan 

Karena dalam hal pembayaran dapat dilakukan secara cepat atau efisien, pelanggan sendiri tidak perlu lagi antri lama. Apalagi harus menunggu perhitungan sampai dengan menunggu uang kembalian. 

Untuk itulah maka banyak yang memilih bertransaksi lewat toko yang tergabung dalam merchant dibandingkan yang bukan merchant. Anda juga bisa ikut mendaftarkan bisnis untuk menjadi merchant BCA.

Apalagi nasabah BCA di Indonesia ada banyak dan pastinya akan sangat membantu bisnis yang Anda miliki. Tidak perlu khawatir karena bisa langsung daftarkan bisnis sekarang juga, tidak dipungut biaya, apalagi untuk merchant baru nantinya akan digratiskan biaya sewa EDC. 

Anda bisa mendownload aplikasi Merchant BCA yang akan membantu permudah pengelolaannya, dapatkan aplikasinya secara mudah di Google Playstore ataupun di AppStore

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Merchant, Cara Kerja, Hingga Keunggulan Transaksi Lewat Merchant"