Jenis Penyakit Jantung dan Lakukan Pencegahan Sedini Mungkin

Mungkin kita tak pernah menduga ada beberapa jenis penyakit jantung atau kardiovaskuler. Penyakit ini pun dulunya odentik pada pada mereka yang berusia matang saja. Namun faktanya penyakit ini juga bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu.

jenis penyakit jantung
kompas.com

Perlu diketahui bahwa saat ini penyakit tidak kenal usia maupun jenis kelamin. Mayoritas penyakit ini disebabkan oleh pola hidup kurang sehat. Meski ada sebagian kasus lebih dikarenakan faktor keturunan.

Kurang tepat pula anggapan bila penyakit kronis ini hanya akan diderita oleh mereka yang miliki ekonomi menengah ke atas saja. Mereka yang hidup pada ekonomi bawah pun memiliki potensi yang sama.

Bedanya mereka yang miliki kemampuan finansial akan lebih mudah mendapat pertolongan. Maklum saja penyakit ini termasuk mahal dalam biaya pengobatan.

Jenis Penyakit Jantung

Saat ini setidaknya penyakit jantung bisa dibedakan menjadi 5 jenis, antara lain:

1. Penyakit Jantung Koroner

Penyakit ketidakberesan organ dalam jantung ini lebih dikarenakan adanya penyempitan pembuluh darah. Penanganan yang paling sering ditemukan dengan memasang ring.

2. Penyakit Jantung Bawaan

Ada sebagian bayi yang terlahir dan kurang beruntung dimana mereka mengalami penyakit jantung bawaan. Paling umum dan sering ditemukan berupa kebocoran katup jantung.

3. Infeksi Jantung (endokarditis)

Infeksi tidak saja hanya terjadi pada kulit luar. Jantung pun bila tidak dijaga akan mengalami infeksi di lapisan dalam jantung.

4. Gagal Jantung

Penyakit ini lebih dikarenakan adanya kegagalan fungsi otot jantung dalam memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh.

5. Aritmia

Mereka yang miliki gangguan irama jantung pun dapat dikatakan sebagai penyakit kardiovaskuler. Hal ini karena kondisi ini dapat menyebabkan detak jantung tidak normal.

Penyebab Penyakit Jantung

Ada beberapa penyebab penyakit jantung yang harus diperhatikan. Di mana dalam banyak kasus lebih dikarenakan pola hidup yang tidak sehat.

Menjadi penting kemudian untuk memperhatikan pola hidup sehat. Hal ini bisa dimulai dengan rajin olahraga, mengonsumsi makanan sehat kaya serat dan nutrisi serta menghindari kebiasaan tidak baik.

Yang termasuk dalam kategori kebiasaan tidak baik antara lain merokok, mengonsumsi minuman keras, kurang istirahat hingga mengonsumsi makanan kemasan atau yang termasuk dalam junk food yang tinggi lemak. Penting pula untuk menjaga berat badan agar tetap proporsional dan sehat.

Dalam sedikit kasus penyakit jantung bisa dikarenakan faktor keturunan atau ada kendala dalam proses kandungan. Tak dapat dipungkiri, mereka yang miliki orang tua dengan penyakit jantung maka ada potensi serupa.

Gejala Penyakit Jantung

Penyakit jantung bukanlah satu penyakit yang muncul sekaligus atau akan langsung nampak. Namun ada proses hingga kemudian terjadi peristiwa fatal yang kemudian biasa disebut dengan serangan jantung.

Ada beberapa gejala yang bisa dilihat, khususnya bagi mereka yang jeli melihat suatu ketidakberesan. Dan berikut beberapa gejala penyakit jantung berdasar jenisnya:

1. Penyakit Jantung Koroner

Gejala utama yang nampak pada jenis penyakit ini antara lain nyeri dada yang begitu kuat. Biasanya juga akan disertai dengan dengan sesak napas. Selain itu ada pula rasa nyeri menjalar ke lengan kiri dan atau ke rahang.

2. Penyakit Jantung Bawaan

Biasanya akan terlihat pada bayi yang ditandai dengan sesak dan membiru pada saat menangis atau menyusui. Selain itu ada pula bengkak di sekitar mata dan di tungkai.

3. Infeksi Jantung (endokarditis)

Gejala yang nampak pada jenis ini antara lain demam, sesak napas, denyut jantung tidak teratur, bengkak di perut atau tungkai. Pada sebagian kasus disertai batuk dari ringan hingga berat.

4. Gagal Jantung

Gejala nampak berupa sesak napas yang semakin berat terutama saat beraktivitas. Selain itu perut kian membesar dan tungkai bengkak.

5. Aritmia

Pada kasus ini sering kali biasa diabaikan karena yang nampak adalah jantung berdebar-debar dan rasa tidak nyaman di bagian dada. Selain itu kadang ada rasa atau sensasi melayang dan pada kondisi cukup parah dapat mengakibatkan pingsan.

Pencegahan Penyakit Jantung

Sebisa mungkin, apapun alasannya penyakit jantung harus dicegah. Caranya dengan memulai hidup sehat dari bangun tidur dan kembali tidur.

Selain itu berdasar jenisnya ada beberapa tips untuk mencegah penyakit jantung. Tips tersebut antara lain:

1. Pilih makanan tinggi serat, rendah gula dan rendah lemak

Bisa memulai dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan segar. Hindari daging atau makanan yang mengandung bahan kimia / pengawet.

2. Hentikan kebiasaan merokok

Merokok jelas merusak kesehatan, bukan hanya bagi diri sendiri tapi juga bagi orang sekitar. Terutama saat di rumah dan ada anak kecil jangan sampai mereka turut terpapar asap rokok.

3. Periksa tekanan darah, gula darah, dan kolesterol

Secara rutin ada baiknya kita mulai membiasakan memeriksa tekanan darah, gula darah dan kolesterol. Kini banyak apotek menyediakan jasa ini dan kita cukup membayar beberapa puluh ribu untuk periksa paket tersebut.

4. Rutin olahraga

Olahraga tidak saja baik untuk tubuh tapi juga untuk jantung. Tidak perlu lama atau menggunakan alat-alat yang mahal karena kita bisa mulai dengan jogging atau lari pagi.

5. Lakukan kebiasaan baik

Jangan lupa lakukan kebiasaan baik semisal minum air putih, bangun pagi dan tidak begadang. Selain itu ada hal-hal lain yang mungkin kita anggap kecil tapi memberi efek baik untuk jantung.

Posting Komentar untuk "Jenis Penyakit Jantung dan Lakukan Pencegahan Sedini Mungkin"