Dari Desa untuk Indonesia

Ternyata tak sulit bagi kita untuk menemukan orang-orang yang ada di sekitar dan mampu melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Tak hanya itu saja tapi mereka juga mampu memberi manfaat lebih bagi orang-orang yang ada di sekitarnya. Tidak menutup kemungkinan sekalipun sosok itu dari desa untuk Indonesia.

alan efendi dari desa untuk indonesia
genpi.co


Untuk menemukan orang-orang hebat ini pun cukup mudah dan bisa jadi ia berada tidak jauh dari tempat kita tinggal. Minimnya publikasi dan akses kadang membuat kita lupa, mereka yang berangkat dari desa untuk Indonesia pun bisa.

Patut disyukuri saat ini telah ada Satu Indonesia Awards yang digagas Astra. Tiap tahun industri raksasa tersebut mengapresiasi mereka yang membawa perubahan ke arah lebih baik. Bahwa apa yang dilakukan benar-benar menjawab kebutuhan masyarakat.

Di Jogja pun ada beberapa nama yang bisa ditemukan. Dan saya pribadi menjadi salah satu yang beruntung dimana beberapa waktu lalu berkunjung ke Nglipar, Gunungkidul. Tepatnya ke rumah Alan Efendi yang sukses mengelola lidah buaya dengan melibatkan warga satu kampung.

Alan tak sendiri tapi ada puluhan ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok wanita tani (KWT) membudidayakan lidah buaya. Hasil dari pertanian ini kemudian di olah oleh Mount Vera Agrotech milik Alan menjadi produk lain yang lebih memiliki nilai jual tinggi.

Alan Efendi dengan Rasane Vera

Salah satu produk unggulan yang dibuat adalah manisan atau minuman lidah buaya. Di beri nama Rasane Vera atau dalam arti sederhana rasanya lidah buaya.

Produk dalam kemasan ini pun tidak saja di pasarkan di Gunungkidul tapi juga merambah kota-kota besar lainnya. Alan optimistis apa yang dilakukan akan membawa perubahan di desanya.

Gunungkidul yang dulu dikenal sebagai daerah tandus kini tidak lagi. Sumber air cukup baik dan ada tanaman lidah buaya yang bisa tumbuh dengan optimal.

Bila kamu penasaran maka bisa datang ke Padukuhan Jeruklegi, Kalurahan Katongan, Nglipa, Gunungkidul. Di desa yang cukup adem ini kita bisa terlibat langsung dalam prosesnya, mulai dari memetik lidah buaya hingga mengolah menjadi produk lain.

Tak hanya menjadi minuman segar dan menyehatkan. Dari daging lidah buaya juga bisa dibuat produk lain semisal camilan (kriuk) hingga kopi.

Cukup menarik dimana semua yang ada dalam tanaman lidah buaya bisa diolah. Sekalipun lendir dan kulit yang seringkali dianggap sebagai residu di tangan tangan yang tepat bisa menjadi produk bernilai jual.

Pastikan saat berkunjung untuk belanja sebanyak mungkin sebagai buah tangan. Soal harga dijamin masih ramah kantong karena mengambil langsung dari produsen. Jangan kaget bila kemudian menemukan produk ini di toko oleh-oleh atau swalayan dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Selain itu bila tertarik ingin membawa bibit lidah buaya pun bisa. Siapa tahu bukan kemudian hari bisa berkembang di rumah dan bisa miliki usaha serupa

Selain Alan Efendi dengan Rasane Vera tentu masih banyak alan alan lainnya. Anak muda yang miliki empati tinggi dan berjuang untuk membawa sebuah perubahan. Mereka ini bisa ditemukan dalam Satu Indonesia Awards.

Satu Indonesia Awards

Tahun ini menjadi tahun ke-13 dari Satu Indonesia Awards. Selama itu pula ada banyak anak muda dari seluruh penjuru negeri mendapat penghargaan bergengsi dari grup Astra tersebut.

Hingga saat ini setidaknya ada 5 bidang yang dilombakan. Mereka yang peduli tentang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Selain itu ada pula satu kategori Kelompok yang mewakili 5 bidang tersebut.

Mereka yang berhasil menyabet juara, baik itu di tingkat provinsi maupun nasional tentu bukan orang sembarangan. Tidak tercipta secara karbitan dan dalam hitungan bulan akan naik.

Para pemenang ini adalah orang-orang yang benar-benar menunjukkan komitmen dan kecintaan akan bidang diambil. Sebagai contoh Alan, pria ini telah terjun dan mendampingi warga untuk budidaya dan mengolah lidah buaya sejak 2014 dan baru tahun lalu ditahbiskan sebagai pelaku kewirausahaan terbaik tingkat provinsi.

Kini Astra mengajak anak untuk lebih bisa unjuk gigi. Dan calon peserta bisa mendaftar melalui situs https://satu-indonesia.com

Namun sebelum itu ada baiknya untuk baca dan pahami syarat dan ketentuan yang berlaku terlebih dahulu. Jangan sampai kesalahan diproses administrasi membuat kesempatan itu tertutup.

Bila Alan bisa membuktikan, dari desa untuk Indonesia dan bisa maka kini saatnya kamu untuk ambil bagian itu.

Posting Komentar untuk "Dari Desa untuk Indonesia"