Bumbu Dapur yang Wajib Dimiliki Setiap Rumah

Ada beberapa bumbu dapur yang wajib dimiliki bagi mereka yang telah berkeluarga bisa dikatakan sebagai salah satu kebutuhan pokok. Tanpa bumbu ini bisa jadi seorang istri akan repot dalam menyajikan menu masakan yang enak.

bumbu dapur
freepik.com

Meski terlihat sepele dan harga murah tetap harus ada. Jangan sampai kurang atau sama sekali tidak ada karena akan membuat pekerjaan memasak menjadi lebih melelahkan.

Ada beberapa bumbu dapur yang sifatnya wajib atau harus ada. Tetapi kebanyakan orang lupa atau bahkan tidak memperhatikan bumbu dapur tersebut.

Padahal itu sangat penting. Bumbu dapur nantinya akan membantu dalam urusan memasak.

Bagi orang-orang yang sederhana, alangkah baiknya memasak sendiri daripada jajan setiap hari. Karena bisa lebih hemat dan uangnya bisa ditabung.

Bumbu Dapur yang Wajib Dimiliki Agar Rumah Dipenuhi Masakan Enak

Menyetok bumbu-bumbu di rumah akan sangat meringankan. Karena ketika hendak memasak secara mendadak, tidak perlu pergi ke pasar terlebih dulu.

Hal ini sangat membantu juga ketika ada tamu yang datang tiba-tiba tanpa mengabari terlebih dulu. Nah oleh sebab itu, di dapur setiap rumah harus ada bumbu dapur yang wajib dimiliki.

Mengapa wajib? Karena bumbu-bumbu dapur tersebut dibutuhkan di setiap masakan. Menjadi penting kemudian untuk memiliki bumbu-bumbu dapur tersebut tentunya akan membuat masakan terasa nikmat.

Nah apa saja sih bumbu-bumbu yang dimaksud? Berikut bumbu dapur yang wajib dimiliki:

1. Garam

Bumbu dapur yang wajib dimiliki pertama adalah garam. Bumbu yang satu ini tentunya sangat familiar dan wajib sekali digunakan.

Tidak bisa dibayangkan bukan apabila masakan tanpa garam? Bahkan karena butuhnya garam pada setiap masakan, sampai-sampai dibuat peribahasa.

Selain untuk memberi rasa yang nikmat, garam juga menyumbang asupan sodium pada tubuh. Sodium tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk proses pengaturan keseimbangan cairan dan kerja otot pun akan terpenuhi dengan baik.

2. Bawang Merah

Selain garam, ada juga bawang merah. Bawang merah sendiri berguna untuk menguatkan aroma masakan yang ada.

Bawang merah ini juga sering digoreng untuk menambah rasa sedap sebuah masakan. Seperti soto, saup dan sebagainya.

Bawang merah sendiri memiliki rasa yang enak meskipun digoreng tanpa bumbu. Selain bawang merah, ada juga saus yang wajib ada di dapur.

Saus sendiri juga bisa menjadi penyedap makanan. Mulai dari makanan goreng-gorengan hingga makanan berkuah. Jadi saus juga termasuk yang wajib ada di dapur.

3. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang wajib dimiliki dan tidak boleh dilupakan. Hampir semua masakan menggunakan bawang putih.

Bawang putih dapat memberikan rasa gurih pada setiap masakan. Tak khayal jika bawang putih ini sangat dibutuhkan dan sebaiknya setiap keluarga menyetok bawang putih ini di rumah.

Biasanya stok yang wajib ada di dapur ini bawang merah dan bawang putih. Karena keduanya sangat diperlukan.

Bahkan dapat gunakan untuk berbagai macam masakan. Mulai yang digoreng sampai masakan yang berkuah. Bayangkan saja dunia ini tanpa bawang putih, mungkin akan terasa hambar.

4. Bawang Bombay

Bawang bombay sendiri termasuk dalam 40 macam bumbu dapur yang harus dimiliki. Sehingga bawang bombay sendiri juga sama pentingnya dengan kedua bawang sebelumnya.

Bawang bombay mempunyai kegunaan sebagai penyedap makanan. Bahkan bisa juga digunakan sebagai kudapan seperti onion ring.

Bau bawang bombay ini ada sedikit harum-harumnya dan tidak terlalu tajam. Bisa menggunakan bawang bombay sebagai pelengkap dalam memasak saja. Atau mungkin jika bisa mengolahnya, Anda bisa menjadikan bawang bombay sebagai bahan utama.

5. Cabai

Nah bumbu dapur yang wajib dimiliki kelima ini tentunya akan dimiliki tanpa diminta, apalagi kalau bukan cabai. Cabai sendiri menjadi bumbu yang paling disukai bagi orang yang gemar dengan masakan pedas.

Bahkan orang-orang tersebut tidak bisa makan kalau tanpa caai atau rasa pedas. Cabai sendiri mempunyai bermacam jenis.

Bagi mereka yang gemar masakan pedas tentu ada baiknya bisa memiliki banyak stok cabai dengan berbagai jenisnya. Mulai dari cabai rawit hingga cabai keriting tergantung tingkat kepedasannya.

6. Kemiri

Kemiri menjadi salah satu 100 nama bumbu dapur yang tidak boleh terlewatkan. Bumbu dapur yang satu ini kerap menjadi andalan untuk masakan seperti soto hingga rawon.

Kemiri ini juga bisa digunakan ketika memasak masakan bersantan atau tumis. Kalau ingin masakan lebih nikmat jangan lupa gunakan dalam jumlah yang tepat.

Tak hanya untuk masakan, kemiri juga berguna untuk menghitamkan bahkan bisa melebatkan rambut. Kemiri memang memiliki berbagai manfaat, dan mungkin hal itulah yang menjadikan kemiri harus ada di dapur.

7. Ketumbar

Bumbu dapur yang wajib dimiliki keenam ini bisa ditemukan dalam dua bentuk, bisa bentuk biji atau bubuk. Meskipun mempunyai dua bentuk, kegunaannya tetap sama.

Ketumbar ini tidak kalah penting karena menjadi pelengkap ketika memasak sesuatu. Jika ingin yang praktis, sebaiknya membeli ketumbar bubuk dan kini telah tersedia kemasan praktis berupa sachetan.

8. Daun Salam

Bukan hanya rempah-rempah saja, dedaunan juga wajib ada di dapur karena bisa digunakan untuk bumbu juga. Salah satunya daun salam.

Daun salam bisa memberi aroma wangi khas pada masakan. Seperti opor, lodeh, dan masakan lainnya yang bersantan.

Bukan hanya itu saja, daun salam ini juga bisa menghilangkan aroma kurang sedap pada masakan seafood. Jadi jika Anda gemar masakan-masakan seafood ada baiknya untuk menyimpan daun salam ini di dapur.

Penutup

Bumbu dapur yang wajib dimiliki tersebut harus ada di dapur. Bukan maksud apa-apa, karena ketika ada tamu yang datang mendadak, Anda tidak perlu repot-repot atau kelabakan mencari bumbu untuk memasak.

Posting Komentar untuk "Bumbu Dapur yang Wajib Dimiliki Setiap Rumah"