Efektif, Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Pertanyaan yang sering muncul saat usia menginjak kepala 4 salah satunya adalah kenapa rambut sering rontok. Padahal dulu sebelumnya bisa jadi rambut baik-baik saja.

mengatasi rambut rontok
cnfstore.com

Rambut rontok bisa disebabkan beberapa hal. Bukan hanya karena faktor usia saja tapi ada faktor lain yang perlu diperhatikan.

Dalam beberapa kasus rambut rontok seringkali terjadi karena faktor hormonal. Terutama pada kaum perempuan dimana mereka miliki siklus yang bisa saja dalam satu waktu tidak teratur.

Mereka yang menginjak usia kepala 4 keatas pada umumnya miliki beban pikiran dan psikologis yang jauh lebih tinggi. Terutama pada generasi sandwich, dimana kebutuhan untuk anak semakin tinggi disisi lain juga harus menanggung ekonomi orang tua.

Bila tidak bisa kontrol diri maka yang akan terjadi kemudian adalah stres berlebih hingga depresi. Salah satu yang nampak biasanya terlihat rambut yang mudah rontok.‘

Faktor lain bisa juga dikarenakan efek samping dari obat-obatan. Terutama mereka yang berada dalam masa recovery atau pemulihan dan diharuskan rutin mengonsumsi obat setiap hari.

Kurangnya nutrisi ternyata juga bisa menyebabkan kerontokan. Apalagi bagi mereka yang gila kerja dan kurang istirahat maupun asupan makanan bergizi.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Setelah mengetahui beberapa penyebab rambut rontok maka ada baiknya rambut mendapat treatment khusus. Tidak perlu pergi ke salon dan cukup menggunakan bahan alami yang ada di sekitar.

Beberapa bahan alami yang ampuh atasi rambut rontok antara lain:

1. Lidah buaya

Bahan yang satu ini hampir bisa dipastikan mudah didapat karena bisa dibudidayakan. Lidah buaya sejak dulu telah digunakan sebagai bahan utama untuk shampo.

Hal ini tidak terlepas dari kandungan baik yang ada di dalamnya. Baik itu kandungan vitamin A, D, zat besi, protein maupun kandungan baik di dalamnya.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Hanya dengan mengoleskan gel lidah buaya ke rambut dan kepala secara merata.

Diamkan selama 15 menit agar meresap kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan secara berkala 2 atau 3 hari sekali untuk mendapat hasil optimal.

2. Santan

Bahan alami berikutnya yang begitu mudah ditemukan di rumah tentu saja santan kelapa. Cairan warna putih ini kaya akan zink, vitamin E, vitamin B6, kalium, dan fosfor. Santan dipercaya selain mengatasi kerontokan juga membuat rambut lebih halus dan lembut.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Hanya dengan mengoleskan santan dari permukaan rambut hingga kulit kepala. Untuk hasil lebih baik lakukan pijatan ringan.

Biarkan selama lebih kurang 30 menit agar meresep lebih dalam. Setelah itu bilas dengan air bersih.

3. Minyak zaitun

Cara merawat rambut rontok juga bisa memanfaatkan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung vitamin A, C, D, E, dan K serta zat besi dan kalsium yang dapat mengurangi rambut rontok.

Caranya, oleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata dan pijat dengan lembut. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

4. Madu dan Bawang

Madu dipercaya kaya manfaat dan sering ditemukan dalam berbagai produk. Pun demikian dalam upaya menjaga kesehatan rambut.

Untuk hasil lebih baik maka bisa ditambahkan dengan bawang. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup menggunakan madu ditambah perasan air bawang kemudian oleskan pada rambut.

Bila menggunakan lidah buaya dan santan hanya memerlukan waktu beberapa menit saja maka untuk madu dan bawang ini ada baiknya lakukan selama 2 jam. Ingat setelah itu bilas dengan air bersih.

5. Putih Telur

Bahan lain yang ada di dapur dan ampuh mengatasi rambut rontok adalah putih telur. Putih telur memiliki kandungan baik yang dibutuhkan rambut berupa protein, kalsium, dan magnesium.

Nutrisi tersebut dipercaya mampu meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan rambut. Bahan alami ini juga telah digunakan sejak zaman dahulu.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Cukup dengan mengoleskan pada seluruh rambut hingga kulit kepala kemudian biarkan selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas.

6. Teh Hijau

Teh dikenal kaya manfaat, bukan hanya sekadar untuk diminum dan memberi rasa tenang. Lebih dari itu juga mampu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

Kandungan baik yang bisa dimanfaatkan bernama epigallocatechin-3-gallate atau yang biasa dikenal dengan EGCG. EGCG ini dipercaya mampu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Cara menggunakan juga cukup mudah. Hanya dengan menyeduh 2 kantong teh hijau kemudian menggunakan air tersebut.

Oleskan secara merata dan diamkan selama lebih kurang 1 jam. Setelah itu bilas dengan air bersih dan lakukan kegiatan ini secara teratur.

7. Aneka Buah

Beberapa buah yang mudah ditemukan ternyata bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Beberapa yang populer antara lain alpukat, jambu biji dan pisang.

Cara menggunakannya cukup mudah dimana buah bisa dihancurkan kemudian dijadikan masker rambut. Oleskan secara merata dan biarkan meresep dengan baik kemudian bilas dengan air bersih.

Buah tersebut bisa dikombinasikan dengan madu, minyak zaitun atau santan untuk hasil lebih sempurna. Tak kalah penting adalah konsistensi atau keteraturan.

Apabila ada bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok maka uang yang ada bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Efektif, Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami"