Mengenal Yogyakarta Independent School sebagai Sekolah IB Terbaik

Beruntung, beberapa hari lalu saya menjadi salah satu peserta open house Yogyakarta Independent School yang ada di Jalan Tegal Melati, Nomor 1, Jombor, Sinduadi, Sleman. Melihat secara langsung dan lebih dekat dengan salah satu sekolah berstandar internasional dan terbaik di Jogja ini.

Yogyakarta Independent School
kanalparenting.com

Saya dan beberapa orang tua datang ke sekolah yang khas dengan nuansa alam ini selain untuk mengikuti open house juga untuk melihat hasil karya peserta didik Yogyakarta Independent School. Namun sebelumnya saya ingin cerita untuk mengenai apa yang saya dapat selama kegiatan ini.

Pagi itu cuaca Jogja cukup cerah, berada di pendopo dan menyimak presentasi tim dari Yogyakarta Independent School membuat kami banyak tahu. Sekolah ini benar-benar bisa menjadi pilihan terbaik karena menjadi salah satu Sekolah International Baccalaureate.

International Baccalaureate (IB) merupakan program pendidikan internasional yang menyiapkan siswa untuk lebih siap masuk universitas ternama di dunia.

Menariknya, mereka tidak saja fokus pada kurikulum internasional semata. Namun ada pula kurikulum nasional, khususnya untuk peserta didik lokal yang kelak ingin lanjut ke sekolah nasional.

Alhasil setelah dinyatakan lulus para siswa akan mendapat 2 ijazah, baik itu internasional dan lokal. Menjadi bekal yang sangat cukup bagi peserta didik untuk melangkah ke jenjang berikutnya.

Justru yang dikhawatirkan bila masuk sekolah nasional adalah terjadinya downgrade. Dalam arti bila selama ini ada cukup banyak kebebasan bereksplorasi tapi akan dibatasi.

Seperti kita sama-sama tahu, sekolah nasional pada umumnya memiliki metode pengajaran yang satu arah. Di mana siswa akan belajar sesuai dengan kurikulum yang ada. Lain cerita saat ada di Yogyakarta Independent School yang mana siswa akan lebih proaktif dan mereka memiliki kebebasan untuk berkembang sesuai dengan minat bakat yang ada.

Yogyakarta Independent School sebagai Sekolah International Baccalaureate

Yogyakarta Independent School
kanalparenting.com

Yogyakarta Independent School (YIS) bukanlah nama baru dalam dunia pendidikan tanah air. Hal ini karena mereka telah hadir sejak puluhan tahun lalu atau persisnya sejak tahun 1989.

YIS menjadi salah satu sekolah mandiri terbaik di tanah air. Mereka hadir tanpa memandang latar belakang, baik itu jenis kelamin, agama, ras hingga kebangsaan. Terlihat dari belasan bendera yang berasal dari berbagai benua.

Mereka hadir sebagai solusi atas pendidikan terpadu dari jenjang anak-anak hingga diploma. Saat ini siswa yang ada berusia antara 3 tahun sampai dengan 18 tahun dengan 3 program:

  1. Primary Years Programme (PYP) untuk TK sampai dengan SD
  2. Middle Years Programme (MYP) untuk siswa kelas 1 SMP sampai dengan 1 SMA
  3. Diploma Programme (DP) untuk siswa kelas 2 dan 3 SMA

IB memang berbeda dengan kurikulum nasional karena telah mengacu standar internasional. Kurikulum IB ini telah diterapkan di 150 negara dengan jumlah sekolah mencapai 5000.

Ijazah dan sertifikat yang ada diterima di seluruh sekolah yang ada, baik di dalam maupun luar negeri. Menjadikan anak lebih bebas memilih kelak akan lanjut di mana.

Tak kalah menarik sekolah dengan nuansa alam ini menggunakan 4 bahasa pengantar. Bahasa inggris sebagai bahasa utama dan bahasa Indonesia, Prancis dan Spanyol sebagai pendukung.

Berkenalan dengan International Baccalaureate Primary Years Program (IB-PYP)

Yogyakarta Independent School
kanalparenting.com

Pada open house kali ini panitia lebih fokus untuk menerangkan keunggulan program PYP. Maklum saja kami para peserta yang datang mayoritas miliki anak-anak yang akan masuk sekolah dasar.

Dari Veronika Swanti selaku YIS IB PYP Coordinator kami menjadi banyak tahu bahwa PYP berfokus pada pengembangan siswa secara utuh. Baik itu dari sisi akademik, sosial dan emosional siswa. Menjadikan siswa menjadi pribadi aktif dan terus ingin belajar.

Berbagai kegiatan yang ada dalam PYP senantiasa memberi pengalaman terbaik dalam proses belajar. Jangan kaget kemudian bila kelas diset sedemikian rupa menjadi satu kegiatan yang menyenangkan dan memotivasi anak untuk lebih baik.

Pembelajaran bukanlah sebuah ritus tapi haruslah relevan, signifikan, menarik dan tentinyta menantang. Mendorong peserta didik untuk berani aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Tak hanya itu saja tapi sistem pengajaran yang tepat mampu menjadikan mereka untuk lebih kreatif, reflektif, berani ambil risiko, berani bertanya, kolaboratif dan mampu memecahkan masalah. Siswa memiliki kebebasan untuk belajar seperti apa dengan metode tepat berkat bantuan guru yang berperan sebagai mentor juga.

YIS memiliki guru-guru terbaik dan tersertifikasi. Baik itu untuk mata pelajaran yang sifatnya umum hingga khusus seperti guru seni, olahraga hingga IT. Semua itu menjadikan siswa senantiasa unggul karena bisa belajar melampaui apa yang ditargetkan.

Bila kamu memiliki anak dan ingin mendapat sekolah terbaik maka jangan lupa untuk berkunjung ke YIS dan mendapat informasi lebih lengkap. Kamu bisa datang langsung ke Jalan Tegal Mlati No. 1, Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman, Jogja. Bisa juga melalui +62 274 5305147, +62 811 263 2442 atau via email ke info@yis-edu.org

PYP Exhibition

Pada kunjungan tersebut saya tidak saja hanya mengikuti open house tapi juga diajak keliling langsung untuk melihat PYP Exhibition. Kebetulan pada waktu tersebut ada unjuk kebolehan yang disuguhkan siswa kelas 5 dan 6.

Namun faktanya yang unjuk kebolehan bukan hanya mereka yang akan menyelesaikan PYP saja. Buktinya saya juga melihat karya anak-anak TK dan kelas 1 SD yang ikut dipamerkan.

Mungkin bila tidak dijelaskan secara langsung kita tidak akan percaya bila beberapa karya apik itu dikerjakan sendiri oleh anak-anak TK. Banyak diantara para orang tua yang takjub dengan hasil karya mereka.

Berada di tempat ini selama beberapa menit seolah sedang ada di luar negeri. Di mana siswa satu sama lain terlihat nampak beda tapi bisa kolaborasi apik.

Meski mereka berbeda kelas tapi satu sama lain begitu dekat. Guru yang ada di tempat ini pun lebih cenderung ke mentor dan sahabat. Sosok yang siap membantu siswa mencapai titik tertinggi akan jati diri yang sesungguhnya.

Ada banyak karya mendapat apresiasi positif dari para pengunjung dan itu semakin memantapkan orang tua. YIS adalah sekolah terbaik yang bisa dipilih.

Perlu diketahui juga PYP Exhibition adalah ajang tahunan untuk membuktikan masing-masing individu dapat mengungkapkan ide / gagasan mereka melalui karya nyata. Khusus untuk siswa kelas 5 dan 6, karya-karya yang dihasilkan lebih seperti paper atau tugas akhir anak kelas 3 SMP.

Sementara itu untuk karya-karya di bawah kelas itu lebih pada perwujudan apa yang dilihat, dengar dan rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Semisal ada fotografi berbagai ekspresi dari mulai marah, bahagia, sedih, panik dan lain-lain.

Mungkin akan lebih seru nanti bila berkunjung saat ada MYP dan DP Exhibition. Di mana karya yang disuguhkan akan lebih memiliki dampak bagi masyarakat luas.

Posting Komentar untuk "Mengenal Yogyakarta Independent School sebagai Sekolah IB Terbaik"