8 Bagian yang Wajib Cek Saat Servis Motor

Motor menjadi teman setia bagi kami sekeluarga. Menjadi alat transportasi yang membersamai sepanjang hari. Wajar kemudian bila ayah senantiasa memperlakukannya dengan baik, salah satunya dengan rutin servis motor.

servis motor

Tujuannya sudah pasti agar motor tetap baik-baik saja. Motor tak ubahnya manusia dimana ia juga ingin diperhatikan dan dimanja. Jangan sampai abai karena begitu mogok bisa jadi akan keluar duit lebih banyak untuk mengembalikan seperti kondisi semula,

Berdasar pengalaman kami yang selama ini menggunakan motor matic sebagai teman setia maka setidaknya ada 8 bagian yang perlu dan wajib dicek saat servis motor.

Jangan sampai tidak karena akibatnya tentu akan fatal. Mulai dari berkurangnya fungsi, hilangnya rasa nyaman hingga potensi kecelakaan yang bisa saja menghantui sewaktu-waktu.

Wajib Cek, 8 Bagian ini Saat Servis Motor

Lebih banyak lebih baik tapi setidaknya 8 bagian ini harus mendapat perhatian ekstra. Kembalikan seperti setelan pabrik dan rasa nyaman itu akan muncul. Bisa jadi usai servis maka akan terasa layaknya motor baru.

Servis motor menjadi ritus wajib bila motor telah bekerja dalam kondisi tertentu. Semisal ia harus melakukan cek ulang setelah digunakan dalam jarak 2.500 kilometer. Atau bisa juga dalam kondisi pemakaian normal digunakan dalam jangka waktu 2 hingga 3 bulan.

Yang terlihat secara umum tentu saja ada pengecekan bagian rem, mesin, sistem kelistrikan, oli, ban dan lain-lain. Semua bagian tersebut bisa saja akan berubah kondisinya sebagai akibat pemakaian.

Untuk detail, bagian yang perlu dicek antara lain:

1. Oli Mesin

oli x ten

Hal pertama yang harus dicek tentu saja oli mesin. Bagi motor oli ini tak ubahnya darah yang harus mengalir dengan sempurna ke bagian-bagian terkecil motor.

Pelumasan yang sempurna akan membuat mesin tetap terjaga dengan baik. Sebaliknya bila kegiatan ini gagal maka mesin akan cepat panas dan motor rusak.

Pada umumnya oli mesin disarankan untuk diganti tiap 2.500 kilometer. Bila dipaksakan untuk tidak diganti maka tingkat kerusakan / keausan akan semakin tinggi.

Namun kondisi ini bisa ditunda bila menggunakan oli mesin yang miliki teknologi lebih baik. Salah satu yang saat ini dipakai adalah oli mesin dengan teknologi ester.

Di tanah air kini ada oli motor matic yang telah menggunakan teknologi canggih ini adalah X-Ten dari Planet Ban. Teknologi ini mampu bekerja 2 kali lebih tahan lama dengan performa sama baiknya. Untuk mendapatkannya juga sangat mudah karena bisa ditemukan di bengkel-bengkel Planet Ban terdekat.

2. Oli Gardan

Berhubung kami sekeluarga adalah pecinta motor matic maka oli gardan pun menjadi salah satu kebutuhan pokok. Oli ini mampu menjaga kinerja gear yang bekerja di Continuously Variable Transmission (CVT).

Rumus yang digunakan dalam penggantian oli ini adalah 2 kali ganti oli mesin biasa. Artinya bila menggunakan X-Ten maka penggantian oli ini bisa berbarengan ditiap 5.000 kilometer.

3. Busi

Mereka yang menggunakan motor tanpa pedal tentu akan sangat tergantung dengan kondisi busi. Bila busi ini mati maka tombol starter tidak akan hidup dan mau tidak mau harus keluar tenaga untuk menyalakan motor via manual.

Busi menjadi bagian motor yang berfungsi mengubah aliran listrik. Dari koil menjadi percikan api yang kemudian menjadi daya.

4. Kampas Rem

Kalau busi itu memanjakan maka rem mengamankan. Bayangkan bila kita menggunakan motor dalam kecepatan tinggi tapi rem tidak berfungsi.

Yang ada kemudian tentu potensi bahaya itu didepan mata. Motor tanpa rem yang berfungsi dengan baik sangat dianjurkan untuk tidak digunakan.

5. Filter Udara

Motor matic yang begitu nyaman digunakan saat ini tak lepas dari teknologi yang ada di dalamnya. Salah satu inovasi yang nampak tentu saja adanya filter udara yang kian baik.

Filter udara ini berfungsi untuk menyaring udara saat masuk ke ruang pembakaran. Bila udara masuk bersih maka energi tercipta pun kian baik. Sebaliknya bila filter kosong maka tenaga atau daya tercipta tidak akan optimal.

6. Aki atau Accu

Bagian lain yang tak kalah penting dari sebuah motor matic tentu saja aki atau accu. Bagian ini menjadi tempat menyimpan listrik atau daya yang akan menjaga sistem kelistrikan.

Aki tidak boleh bocor, tidak boleh pula ada karat pada terminal. Bila ini terjadi tentu kinerja akan menurun drastis. Pastikan lakukan pengecekan berkala agar aki tetap baik-baik saja.

7. Ban

Saat ini ada berbagai jenis ban yang bisa dipilih. Semua itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang ada.

Namun demikian harus tetap dipastikan ban dalam kondisi baik-baik saja dan jauh dari kata gundul. Mungkin kita sering mendengar kata selip atau tergelincir saat mengendarai kendaraan bermotor. Dan semua itu akan terjadi bila ban telah gundul.

8. Tune up Motor Rutin

Mungkin kita sering mendengar kata tune up motor. Secara sederhana tune up ini bisa dikatakan sebagai kegiatan mengembalikan unit seperti semula.

Kegiatannya tentu melalui pengecekan langsung. Fokusnya pada bagian-bagian yang telah disebutkan diatas.

Tak hanya itu saja tapi mur baut dan aksesoris harus terpasang dengan baik. Ingat semua bagian itu ada bukan hanya untuk alasan keindahan semata tapi juga adanya alasan keamanan.

Sangat disarankan saat melakukan tune up motor disertai penggantian oli, baik itu oli mesin dan oli gardan sesuai kebutuhan. Tak kalah penting bila ada bagian yang hilang atau tidak berfungsi untuk segera dilakukan penggantian.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Berbicara tentang bengkel servis motor terbaik saat ini tentu menempatkan Planet Ban sebagai yang terbaik. Ada banyak alasan untuk kemudian bisa memilih bengkel yang satu ini.

Saya bersama suami telah membuktikan layanan mereka tawarkan. Bukan hanya untuk servis rutin saja tapi juga melakukan penggantian oli mesin dan oli gardan.

Benar saja, begitu keluar motor maka serasa naik motor baru. Rasa nyaman dan aman itu begitu terasa, baik saat mengendarai maupun membonceng. Satu kondisi yang sangat diidam-idamkan oleh mereka yang ingin tetap baik-baik saja saat mengaspal.

Bengkel ini juga begitu mudah ditemukan di sekitar. Bagi saya pribadi dalam radius kurang dari 5 kilometer bisa menemukan 2 bengkel Planet Ban.

Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban
planet ban
kanalparenting.com

Ada banyak manfaat dan kelebihan saat melakukan servis di Planet Ban. Khusus untuk oli mesin mereka miliki oli dengan teknologi ester berupa X-Ten. Oli ini diciptakan khusus untuk melindungi oli mesin pada motor matic.

Menjadikan mesin lebih terlindungi sempurna dan sangat baik untuk jangka panjang. Tak hanya itu saja tapi performa mesin kian baik. Hal ini ditandai dengan tarikan enteng dan mesin tetap dingin meski digunakan dalam kecepatan tinggi maupun durasi panjang.

Ke bengkel pun tak harus sesering dulu. Bila dengan oli pada umumnya harus 2 bulan sekali ke bengkel maka kini tidak lagi. Oli X-Ten melindungi hingga 5.000 kilometer perjalanan. Angka itu pada umumnya ditempuh dalam waktu 4 hingga 6 bulan pemakaian.

Oli dengan teknologi ester ternyata lebih ramah lingkungan. Hal ini karena emisi gas buang atau polusi tercipta jauh lebih sedikit daripada oli pada umumnya.

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan yang lain

Mereka yang pernah servis motor di Planet Ban tentu akan melihat dan merasakan langsung perbedaan dengan yang lain. Di Planet Ban mekanik bekerja dengan standar operasional prosedur dan teknologi canggih.

Hal ini tentu akan beda dengan bengkel pada umumnya yang cenderung bekerja berdasar kebiasaan. Faktor sefaety / keamanan pun begitu terlihat dimana mekanik pun bekerja dengan sarung tangan khusus.

Lantai yang ada di dalam bengkel meski berwarna putih pun senantiasa bersih. Tidak ada tumpahan oli atau benda-benda lain yang biasanya di temukan pada bengkel pada umumnya.

Paling penting adalah kualitas yang mereka tawarkan. Di mana seluruh part yang ada akan terlihat bersih. Tak ada cerita sisa debu atau kotoran yang menempel pada spare part motor.

Bagian-bagian yang akan mendapat fokus bukan hanya pada filter saja tapi hingga kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, hingga throttle body. Tak ada ruang untuk debu dan kotoran tersisa pada motor.

Bahkan menurut pengalaman pribadi, usai servis maka emisi akan turun yang ditandai tidak banyak polusi yang muncul. Selain itu dari sisi penggunaan bahan bakar menjadi lebih hemat.

Servis di Planet Ban itu murah dan terjangkau. Saat ini untuk servis motor injeksi dikenakan Rp 20.000,- saja. Untuk servis CVT dan belt Rp 19.500,- dan servis throttle body hanya Rp 20.000,-.

Ramah kantong bukan dan saatnya ke Planet Ban untuk kembalikan kenyamanan motor matic seperti layaknya motor baru.

Posting Komentar untuk "8 Bagian yang Wajib Cek Saat Servis Motor"