Cara Menjaga Kesehatan Keluarga dengan Mudah

Kata sehat atau kesehatan tidak tercipta begitu saja. Namun didalamnya terdapat proses panjang dan berkesinambungan. Menjadi penting kemudian untuk bagi ibu khususnya memahami tentang cara menjaga kesehatan keluarga.

cara menjaga kesehatan keluarga
cookpad.com/id/pengguna/18100968

Sebisa mungkin tanpa harus melakukan treatment khusus berbayar atau mengonsumsi supleman yang bisa jadi biayanya akan sangat mahal. Cukup lakukan gaya hidup sehat sejak dini, dari bangun tidur dan kembali ke tempat tidur dan seterusnya.

Ingat, tubuh tak ubahnya mesin yang harus dijaga dan dirawat. Tidak elok juga bila kemudian tiap hari dipaksa untuk terus bekerja atau beraktivitas tanpa asupan yang cukup. Menjadi penting pula untuk tahu kapan saatnya istirahat dan bisa memulai kembali untuk bekerja atau beraktivitas.

Seiring bertambahnya usia pun akan menjadi catatan tersendiri. Tubuh dalam hal ini tidak sekokoh dulu dan butuh nutrisi lebih untuk hasil yang lebih baik. Jaga pula agar bagaimana jauh dari berbagai penyakit yang sering menghantui.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Belajar dari kearifan lokal yang ada. Atau belajar dari apa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW dimana beliau telah berikan itu semua. Tinggal sesuaikan dengan kondisi yang ada saat ini dan kita akan terbebas, jauh dari penyakit dan tetap sehat hingga usia tua.

Berpuluh-puluh tahun lalu, orang tua kita tetap bugar hingga tua. Atau melihat dari catatan sejarah yang ada, hal-hal baik telah diajarkan nabi dan sebaliknya hal-hal yang tidak baik sudah diberi pantangan. Tinggal bagaimana kita melaksanakan apa yang ada secara konsisten.

Dari beberapa poin yang ada tersebut setidaknya bila dikerucutkan tentang bagaiamana cara menjaga kesehatan keluarga maka akan ditemukan:

1. Olahraga Teratur

Bukan isapan jempol, mereka yang rajin olahraga secara teratur memiliki kesehatan yang lebih baik. Selain itu pastinya organ yang ada dalam tubuh bisa bekerja optimal.

Olahraga juga tidak butuh biaya mahal atau tempat khusus. Di manapun berada kegiatan baik ini bisa dilakukan. Baik itu di dalam ruang maupun di luar ruang.

Salah satu kegiatan yang bisa dipilih dan cukup populer tentu saja lari atau bersepeda. Kegiatan ini pun bisa melibatkan seluruh anggota keluarga.

2. Cukup Istirahat

Setelah seharian bekerja maka ada baiknya istirahatkan tubuh. Bahkan tak jarang kita pun melakukan hal itu di waktu siang.

Mereka yang bekerja di jam khusus pun dari pagi hingga sore tentu ada istirahat makan siang. Optimalkan waktu tersebut untuk bagaimana tubuh kembali bugar.

Bila perlu tak ada salahnya untuk tidur siang. Meski hanya 30 atau 60 menit tapi kegiatan ini akan sangat baik untuk tubuh.

3. Jaga Kebersihan Tubuh

Kuman akan sangat suka pada hal-hal yang sifatnya kotor. Menjadi penting kemudian untuk menjaga kesehatan. Terutama saat ini di masa pandemi di mana virus Covid-19 bisa menular karena tangan kotor.

Tak ada salahnya untuk rajin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Bila tidak ada bisa menggunakan anti septik atau hand sanitazer agar kuman benar-benar tidak ada.

Jangan lupa untuk segera ganti baju setelah beraktivitas. Mandi dengan sabun yang baik juga dipercaya mampu mengembalikan kesegaran tubuh.

4. Jaga Kebersihan Lingkungan

Bukan hanya tubuh yang diperhatikan kebersihannya. Lingkungan sekitar pun demikian di mana kuman tidak diberi kesempatan untuk tumbuh.

Tempat yang kotor akan membuat kuman dan hama penyakit berdatangan. Baik itu lalat, nyamuk, kecoa, tikus dan lain-lain. Lain cerita bila lingkungan cukup bersih maka hama atau kuman tidak akan datang.

Untuk beberapa area mungkin bisa dibersihkan tiap libur diakhir pekan. Kegiatan baik ini pun akan membuat tubuh lebih sehat karena ada aktivitas fisik.

5. Konsumsi Makanan Sehat Bernutrisi

Poin kelima ini menjadi salah satu yang paling penting. Di mana tubuh butuh asupan nutrisi yang baik dan berasal dari sumber makanan yang baik pula.

Hindari berbagai makanan yang mengandung zat berbahaya, pengawet atau pun MSG. Monosodium glutamat (MSG) adalah bubuk kristal yang dipercaya mampu menambah rasa pada makanan. Dalam kehidupan sehari-hari kita juga mengenalnya sebagai micin atau mecin.

Fast food atau makanan cepat saji menjadi salah satu jenis makanan yang sebisa mungkin dihindari. Bukan rahasia umum bila olahan ini menjadi yang paling banyak menggunakan MSG.

Sebisa mungkin masak makanan yang alami dan baik untuk tubuh. Bagi mereka para pecinta mie instan kini sudah ada jawaban atas kebutuhan tersebut berupa Mie Jiwa Pagi.

Mie Jiwa Pagi Sebagai Alternatif

Mie yang satu ini dijamin aman dikonsumsi untuk anak-anak sekalipun. Bisa menjadi makanan pengganti bila bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Satu yang paling saya suka dengan produk ini dengan adanya logo mie instant “pilihan lebih sehat.” Logo yang ada pada kemasan ini tidak didapat begitu saja karena dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Tujuan untuk mengedukasi konsumen agar lebih bijak terutama dalam membeli makanan dan minuman kemasan.

Saat ini Mie Jiwa Pagi tersedia 3 pilihan varian rasa. Mulai dari Mie Goreng, Mie Ayam Bawang dan Mie Soto Segeer. Mantap bukan dan saatnya beralih ke mie instan sehat tanpa MSG sekarang juga.

Mudah bukan, tinggal bagaimana kita mengimplementasikan cara menjaga kesehatan keluarga diatas untuk hidup yang lebih baik.

Posting Komentar untuk "Cara Menjaga Kesehatan Keluarga dengan Mudah"