Tugas Perkembangan Toddler yang Harus Diketahui Orang Tua

Pendidikan anak sejatinya sudah dimulai sejak ia dilahirkan. Hanya saja untuk masa belajar terbaik tentu bukan saat itu. Namun ada masa toddler yang dianggap sebagai masa terbaik kedua yang harus diperhatikan.

Tugas Perkembangan Toddler
kanalparenting.com

Mereka yang berada di masa ini adalah anak-anak usia 1 hingga 3 tahun dan ada sebagian orang yang mengatakan usia 1.5 hingga 2 tahun. Masa yang sangat cepat tentunya karena tanpa disadari bisa jadi ‘waktu emas’ ini terbuang dan tidak optimal.

Agar penyesalan tidak terjadi dikemudian hari maka seyogyanya para orang tua memperhatikan betul setiap masa yang ada. Tak kalah penting adalah persiapan yang jauh-jauh hari bisa dipersiapkan untuk buah hati.

Pada fase ini anak bisa mengikuti baby class. Di mana mereka tidak saja belajar merangkak, berjalan dan berlari. Lebih dari itu ada banyak hal lain yang bisa dipelajari anak.

Selain perkembangan motorik yang berkembang sangat pesat maka harus pula diimbangi kemampuan sosial, bahasa dan tentunya kecerdasan dasar. Semua itu akan sangat membantu proses perkembangan berikutnya dimana anak-anak kemudian akan belajar dalam satu lingkungan yang bernama sekolah.

Baca juga: Permainan Tradisional Terbaik untuk Anak PAUD

Mengenal Masa Toddler

Toddler berasal dari bahasa Inggris yang berarti berjalan dengan tidak stabil. Mereka yang berada di masa ini adalah anak-anak usia 12 bulan hingga 36 bulan.

Satu masa yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Selain itu juga masa kritis dan sensitif dimana masa itu akan begitu cepat berlalu.

Disebut masa kritis karena anak pada umumnya mengenal hal baru di luar keluarga. Tentu sangat dibutuhkan apa yang namanya stimulasi sempurna untuk bisa tumbuh dan berkembang optimal.

Selanjutnya juga dikatakan sebagai masa sensitif karena karena apa yang diterima akan sangat berpengaruh pada kehidupan dimasa yang akan datang. Gagal dalam masa ini maka bisa jadi kelak anak akan belajar dan membutuhkan waktu lebih lama.

Tugas Perkembangan Toddler

Selama masa tugas perkerkembangan toddler ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan para orang tua. Tujuannya sudah pasti agar tugas perkembangan dapat diselesaikan dengan baik.

Bila tidak hampir bisa dipastikan dimasa berikutnya baik anak maupun orang tua membutuhkan energi lebih banyak untuk mendapat hasil yang sama. Dikutip dari beberapa sumber berikut tugas perkembangan anak masa toddler.

1. Perkembangan Volume Otak yang Pesat

Pada masa ini volume otak anak akan berkembang sangat cepat. Saat lahir anak sudah miliki neuron yang dibutuhkan dan ukurannya akan terus bertambah.

Volume otak ini akan terus meningkat di tahun-tahun pertama dan volume kan mencapai 80% dari volume otak orang dewasa. Selama itu pula banyak hal baru bisa dipelajari anak dengan sangat cepat.

2. Kemandirian Bereksplorasi

Salah satu hal yang menarik pada fase ini adalah kemandirian bereksplorasi. Hal ini ditandai dengan kemampuan yang sangat baik dalam hal berjalan dan berpikir.

Di mana mereka pada umumnya tertarik pada benda-benda baru dan berwarna terang. Tak ada henti keinginan untuk mengetahui benda-benda yang ada di sekitar mereka.

Kemampuan motorik baik yang kasar maupun halus terus terasah dengan sempurna. Hal kecil yang mudah terlihat adalah kemampuannya saat belajar memegang sesuatu.

Selain 2 hal diatas tentu ada perkembangan lain yang sama-sama signifikan. Namun menjadi tak kalah penting adalah bagaimana peran orang tua untuk memberikan stimulus terbaik.

Bukan hanya asal tumbuh dan belajar tapi lebih dari itu harus ada media dan sarana untuk belajar sesuai usia tumbuh kembang mereka. Saat ini ada banyak media bisa dipilih tapi akan lebih baik bila lebih dekat dengan agama dan adab ketimuran.

Lembaga Pendidikan Anak Terbaik

Saat ini telah ada lembaga pendidikan anak terbaik yang mampu menjawab kebutuhan. Salah satunya ada Albata yang mana mereka memberikan kelas atau ruang belajar sesuai dengan kebutuhan anak.

Di mana mereka membuka berbagai kelas menarik. Mulai dari Popup Class, Kelas Mengaji Online & Offline dan TK Montessori Islam.

Ada banyak alasan kenapa lembaga pelatihan ini patut dipilih. Mengajarkan tauhid, adab, fiqh, sirah, tahsin dan tahfidz dengan cara yang menyenangkan. Membuat anak-anak tetap belajar tanpa merasa bosan.

Memastikan tugas perkembangan toddler dapat dilalui dengan baik dan menunjang proses pembelajaran berikutnya. Khususnya saat anak masul taman kanak-kanak kelak.

Posting Komentar untuk "Tugas Perkembangan Toddler yang Harus Diketahui Orang Tua"